IDENTIFIKASI PERSEPSI KONSUMEN KOPI TIMOR LESTE MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES
Abstract
Seiring dengan meningkatnya popularitas kopi di seluruh dunia, kopi Timor-Leste telah menarik perhatian pasar internasional karena kualitasnya yang unik dan cita rasa khas yang dihasilkan dari proses budidaya yang tradisional dan organik. Meskipun demikian, informasi mengenai persepsi konsumen terhadap kopi TimorLeste masih sangat terbatas. Metode klasifikasi Naive Bayes merupakan salah satu metode yang paling sederhana namun sangat efektif untuk mengklasifikasi dan memprediksi sebuah data. Dengan memanfaatkan metode Naive Bayes, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan model prediktif yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan pola persepsi konsumen di masa depan. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain perhitungan klasifikasi komentar dengan beberapa tahapan diantaranya tahap identifikasi data masukan, pra-proses/preprocessing, klasifikasi dengan metode naïve nayes classifier dan keluaran. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan hasil bahwa semua responden menjawab hasil klasifikasi komentar yang didesain cocok dengan pendapat responden.





