https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/issue/feed JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY 2025-07-28T23:35:20-04:00 Open Journal Systems JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/79 KLASIFIKASI PENYAKIT GAGAL JANTUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES 2025-07-16T23:57:58-04:00 I Gede Karang Komala Putra igdkarang@iikmpbali.ac.id I Gede Wahyu Surya Dharma suryadharma@iikmpbali.ac.id <p>Gagal jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia dan dapat berujung pada kematian jika tidak ditangani dengan serius. Penyakit ini berpotensi meningkat di masa depan, ditandai dengan melambatnya denyut jantung yang menjadi indikasi kondisi gagal jantung yang semakin parah. Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh, meskipun aliran darah ke jantung tetap tinggi. Salah satu cara untuk mendeteksi gagal jantung adalah dengan mengidentifikasi gejala-gejala yang menyertainya. Minimnya pemahaman masyarakat mengenai penyakit jantung menjadi faktor utama tingginya kasus gagal jantung, karena sebagian besar orang tidak menyadari gejala awal dan tidak segera mencari pengobatan. Data mining merupakan teknik untuk mengekstraksi informasi penting dari kumpulan data berukuran besar dengan menggunakan algoritma, teknik statistik, pembelajaran mesin, dan sistem manajemen basis data. Dalam penelitian ini, proses klasifikasi data mining digunakan untuk memprediksi kemungkinan seseorang bertahan hidup atau meninggal akibat gagal jantung berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini menerapkan metode Naive Bayes Classifier untuk mengklasifikasikan data pasien yang terdiagnosis menderita gagal jantung. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi risiko kematian akibat gagal jantung berdasarkan sejumlah parameter yang terkait, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan lebih dini untuk mengurangi risiko penyakit tersebut.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/80 RANCANG BANGUN GAME BALAP MAKEPUNG JEMBRANA MENGGUNAKAN UNITY DENGAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE 2025-07-16T23:57:58-04:00 I Wayan Eka Puja Arnawah 2155201010@triatmamulya.ac.id Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara suta.negara@triatmamulya.c.id I Nengah Juniawan nengah.juniawan@triatmamulya.ac.id Dhony Harry Budyanto dhony.budyanto@triatmamulya.ac.id <p>Kemajuan teknologi digital berpotensi mengikis pengetahuan generasi muda terhadap tradisi dan budaya lokal, termasuk tradisi Makepung dari Kabupaten Jembrana, Bali. Untuk menghadapi tantangan ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan permainan balap Makepung pada platform mobile Android sebagai media kreatif untuk edukasi dan pelestarian budaya. Proses pengembangan mengikuti metode Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup enam tahap: inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, dan rilis. Permainan ini dikembangkan menggunakan Unity sebagai alat utama. Penelitian ini menghasilkan aplikasi simulasi dan permainan balap Makepung yang dapat dimainkan dalam mode single-player pada perangkat Android. Permainan ini dilengkapi dengan fitur pemilihan tim (Ijo Gading Barat dan Ijo Gading Timur) serta tiga tingkat kesulitan yang berbeda. Berdasarkan pengujian fungsional, semua fitur utama seperti navigasi menu, pemilihan karakter, pengaturan tingkat kesulitan, dan kontrol permainan berjalan dengan lancar. Selain itu, hasil uji kepuasan pengguna menunjukkan respons yang sangat positif; seluruh responden menyatakan bahwa fitur aplikasi berfungsi dengan baik, dan mayoritas menganggap aplikasi ini mudah digunakan dan dioperasikan.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/81 SISTEM CHATBOT INFORMASI KAMPUS DENGAN INTEGRASI CRM MENGGUNAKAN BERT DI UNIVERSITAS TRIATMA MULYA 2025-07-16T23:57:58-04:00 Dwi Wisnu Prasetyo 2155201003@triatmamulya.ac.id Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara suta.negara@triatmamulya.c.id I Nengah Juniawan nengah.juniawan@triatmamulya.ac.id Dewa Ayu Eka Ratna Dewi eka.ratnadewi@triatmamulya.ac.id <p>Chatbot berbasis Natural Language Processing adalah sistem percakapan otomatis yang dirancang untuk memahami dan merespons pertanyaan secara alami dan efisien. Penelitian ini mengembangkan chatbot menggunakan model BERT yang terintegrasi dengan konsep Customer Relationship Management (CRM) untuk mendukung layanan informasi bagi calon mahasiswa baru Universitas Triatma Mulya.. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Data latih diproses dengan tokenisasi otomatis tanpa pemrosesan manual untuk mempermudah pelatihan dan memahami konteks percakapan secara lebih baik. Sistem diimplementasikan pada platform web dengan antarmuka yang ramah pengguna serta fitur dashboard untuk memantau aktivitas. Hasil pengujian menunjukkan chatbot mampu memahami maksud pengguna dan merespons secara relevan. Sistem ini layak digunakan sebagai media layanan informasi digital sekaligus mendukung promosi kepada calon mahasiswa.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/82 MANAJEMEN PERSEDIAAN BENANG NILON DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA KELOMPOK USAHA TAS RAJUTAN DI DESA PULUKAN KABUPATEN JEMBRANA 2025-07-16T23:57:58-04:00 Intan Nur Afwa 2155201014@triatmamulya.ac.id Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara suta.negara@triatmamulya.c.id I Nengah Juniawan nengah.juniawan@triatmamulya.ac.id Ni Luh Ketut Dewi Aryasari dewi.aryasari@triatmamulya.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi manajemen persediaan berbasis web dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Kelompok Usaha Tas Rajut di Desa Pulukan, Kabupaten Jembrana. Permasalahan utama yang dihadapi oleh kelompok usaha kecil ini adalah pencatatan persediaan yang kurang efisien karena masih dilakukan secara manual dan rentan terhadap kesalahan seperti kehabisan stok atau kelebihan stok. Penelitian ini menerapkan model waterfall sebagai metode<br>pengembangan sistem. Fitur-fitur dalam sistem ini mencakup login multipengguna, dasbor inventaris, perhitungan EOQ, pelaporan dalam format PDF dan Excel, serta pemantauan stok secara real-time. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa seluruh fungsi sistem berjalan dengan baik. Evaluasi pengguna melalui observasi langsung dan wawancara menunjukkan bahwa sistem ini mudah digunakan dan membantu pengguna dalam mengelola stok serta menghitung jumlah pemesanan yang optimal. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi manajemen persediaan dan menjadi referensi bagi aplikasi usaha kecil sejenis.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/83 RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI BERBASIS ARDUINO UNO MENGGUNAKAN SINYAL ELEKTROMIOGRAFI (EMG) PADA OTOT BICEPS BRACHII 2025-07-16T23:57:59-04:00 I Gusti Kade Alit Santiasa 2120201001@triatmamulya.ac.id Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara suta.negara@triatmamulya.c.id I Gede Eka Wiantara Putra eka.wiantara@stikom-bali.ac.id I Gusti Gede Sumartana gede.sumartana@triatmamulya.ac.id <p>Penyandang disabilitas dengan keterbatasan motorik menghadapi tantangan dalam mengoperasikan kursi roda konvensional yang bergantung pada kekuatan<br>dan koordinasi tangan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan sistem kendali kursi roda berbasis sinyal elektromiografi (EMG) dari otot biceps brachii menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dan penguat sinyal AD8221. Sinyal EMG ditangkap melalui elektroda permukaan, diperkuat oleh instrumentation amplifier, dan diolah menggunakan filter digital Moving Average untuk mereduksi noise. Sistem mendeteksi jumlah kontraksi otot dalam interval waktu tertentu, lalu menerjemahkannya menjadi perintah gerak motor DC menggunakan logika Finite State Machine (FSM). Pengujian dilakukan terhadap tiga naracoba dengan karakteristik fisiologis berbeda. Hasil menunjukkan bahwa sistem memiliki akurasi tinggi pada perintah sederhana seperti “maju” dan “berhenti” dengan tingkat keberhasilan hingga 100%, sementara akurasi menurun pada perintah yang melibatkan kontraksi berturut-turut. Penelitian ini menunjukkan potensi pemanfaatan sinyal biologis sebagai metode kendali alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/84 RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT KAKAO DENGAN METODE RULE-BASED EXPERT SYSTEM (RBS) DI JEMBRANA BERBASIS WEB 2025-07-16T23:57:59-04:00 I Putu Yogi Andika 2155201009@triatmamulya.ac.id Norsa Yudhi Arso norza.yudhi@triatmamulya.ac.id I Nengah Juniawan nengah.juniawan@triatmamulya.ac.id Jusdek Dody Prathama jusdek.untrim@gmail.com <p>Penurunan produktivitas kakao di Kabupaten Jembrana disebabkan oleh banyaknya penyakit tanaman seperti busuk buah, PBK, dan kutu putih. Kondisi ini diperparah oleh keterbatasan akses petani terhadap informasi dan tenaga ahli. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pakar berbasis web yang mampu mendiagnosis penyakit buah kakao menggunakan metode RuleBased System (RBS). Sistem ini dirancang agar mudah digunakan oleh petani, hanya dengan memilih gejala yang dialami tanaman melalui antarmuka web yang sederhana. Hasil diagnosis menampilkan jenis penyakit, penjelasan, solusi, serta saran pencegahan. Pengujian sistem dilakukan melalui metode blackbox dan evaluasi pengguna di lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan sesuai spesifikasi dan diterima baik oleh petani dengan nilai kepuasan tinggi. Sistem ini diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam mengelola penyakit kakao serta menjadi referensi untuk pengembangan sistem serupa di masa depan.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/85 WEB VIRTUAL REALITY TOUR OBJEK WISATA DI KEBUN RAYA JAGATNATHA 2025-07-16T23:57:59-04:00 Muhamad Fajar Marman Adiningrat 2155201015@triatmamulya.ac.id Norsa Yudhi Arso norza.yudhi@triatmamulya.ac.id Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara suta.negara@triatmamulya.c.id Anak Agung Ngurah Mahendra Adhi Putra mahendra.stitjembrana@gmail.com <p>Perkembangan teknologi informasi menawarkan peluang besar untuk mempromosikan sektor pariwisata secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi virtual tour berbasis web sebagai media promosi untuk Kebun Raya Jagatnatha yang terletak di Kabupaten Jembrana. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menjelajahi objek wisata secara interaktif melalui tampilan panorama 360°, informasi interaktif, dan peta lokasi. Sistem dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi ini dibangun menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, JavaScript, dan platform 3Sixty untuk integrasi panorama 360°. Produk akhir dapat diakses melalui peramban web tanpa memerlukan instalasi tambahan. Pengujian dilakukan menggunakan metode Black Box Testing, dan hasilnya menunjukkan bahwa semua fitur utama—seperti navigasi panorama, informasi interaktif, dan integrasi kode QR—berfungsi sebagaimana mestinya. Aplikasi ini memberikan pengalaman wisata virtual yang informatif, edukatif, dan responsif di<br>berbagai perangkat. Proyek ini diharapkan dapat menjadi solusi promosi digital dan referensi dalam pengembangan teknologi pariwisata di masa depan.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY https://www.jietech.triatmamulya.ac.id/index.php/Jietech/article/view/86 ASISTEN VIRTUAL UNTUK LAYANAN VILLA DENGAN METODE NAIVE BAYES 2025-07-28T23:35:20-04:00 I Putu Agus Swastika masagusswastika@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem asisten virtual berbasis metode Naive Bayes yang mampu memberikan layanan otomatis kepada pengguna villa melalui percakapan berbasis teks. Permasalahan yang diangkat berfokus pada keterbatasan layanan manual yang sering kali menyebabkan keterlambatan respons dan menurunnya kepuasan pelanggan. Metode Naive Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan intent pengguna ke dalam beberapa kategori, seperti reservasi, informasi fasilitas, keluhan, dan saran. Proses pengembangan meliputi pengumpulan data percakapan, preprocessing teks, pelatihan model klasifikasi, hingga implementasi sistem chatbot. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu bekerja dengan akurasi rata-rata sebesar 85%, presisi 82%, recall 86%, dan F1-score 83%, yang menunjukkan kinerja yang cukup baik dalam memahami dan merespons kebutuhan pengguna. Dengan demikian, penerapan asisten virtual ini dinilai efektif dalam meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi beban kerja staf, dan memberikan pengalaman interaksi yang lebih cepat dan konsisten kepada pelanggan villa.</p> 2025-05-01T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2025 JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING AND TECHNOLOGY